Senin, 20 November 2017

Tips Untuk Hard Disk Kompi/Laptop Kalian


Hai, Guys. Kali ini gua akan ngeshare tentang Tips Untuk Hard Disk Kompi/Laptop. Hard disk, hardware tempat kalian semua menyimpan data sampai tempat OS kalian ada. Makanya hard disk adalah salah satu bagian penting dari kompi/laptop kalian. Jadi kalian harus jaga baik - baik hard disk kalian.

1. Jangan Matikan Laptop/Kompi Tiba - Tiba

Ketika kalian click shutdown di laptop/kompi kalian maka windows akan menyimpan setiap proses pekerjaan kalian. Ibarat lagi ngebut terus direm ngedadak, ngedan kan. Jika kalian lakukan terus - terusan, siaplah kalian untuk membeli hard disk baru.

2. Sering Defrag Hard disk

Kalian pasti suka browsingan atau pake aplikasi, entah itu pake mozilla atau google chrome. Tapi kalian tahu gax setiap kalian nge-browsing atau pake aplikasi pasti ada file yang terpecah atau jadi kurang rapi. Nah, solusinya kalian harus nge-defrag had disk kalian, selain membuat file jadi beres, performa kompi/laptop kalian pun jadi lebih kenceng.


3. Jauhkan dari Guncangan
Selain dari dua langkah di atas, yang ketigax adalah jauhkan dari guncangan, karena di dalam hard dsik punya komponen yang bergerak yaitu disk atau piringan yang ada di dalam hard disk, maka dari itu jauhkan laptop/kompi kalian dari guncangan.

4. Pake Antivirus

Selain serangan fisik, dari segi software pun mempengaruhi kinerja hard disk. Banyak virus yang dapat merusak hard disk ataupun membuat blue screen laptop/kompi kalian. Maka dari itu kalian pake antivirus jika gax ingin kena virus.

5. Rajin Backup Data Penting

Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan. Untuk mencegah data dari hard disk lenyap kalian semua harus rajin backup data penting kalian, bagaimanapun backup data itu penting. Silahkan backup di hard disk external ataupun pake cloud kayak Google Drive.


EmoticonEmoticon